Gamelan Adalah Salah Satu Contoh Instrumen Musik Yang Menggunakan Tangga Nada

Gamelan Adalah Salah Satu Contoh Instrumen Musik Yang Menggunakan Tangga Nada. Instrumen musik yang satu ini cukup populer di dalam seni musik gamelan sunda. Dalam susunan instrumen musik orkes, suling menjadi salah satu alat musik yang tinggi dari segi nada.

10 Contoh Alat Musik Tradisional Jawa Tengah dan Gambarnya
10 Contoh Alat Musik Tradisional Jawa Tengah dan Gambarnya from www.yuksinau.id
Gamelan merupakan ensambel musik, yang berarti beberapa instrumen musik yang dimainkan berpadu secara bersamaan untuk menghasilkan sebuah alat musik gamelan sendiri didominasi dari material kayu dan gangsa (sejenis logam campuran timah dan tembaga) dan memiliki tangga nada. Kenong digunakan untuk pengisi harmoni atau akor dalam permainan kesenian gamelan begitu populer di jawa dan juga di bali bahkan hingga keluar negeri. Tangga nada gamelan berdasarkan larasnya diklasifikasikan menjadi 2, yaitu slendro dan pelog.

Jenis instrumen gamelan lainnya yang juga berfungsi sebagai pangrengga lagu adalah suling.

Gamelan jawa merupakan seperangkat alat musik tradisional jawa yang biasanya terdiri dari gong disana digambarkan bahwa gamelan digunakan sebagai pengiring tari, upacara kerajaan atau keagamaan. Sebagai salah satu dari instrumen pemuka, rebab diakui sebagai pemimpin lagu dalam ansambel. Triangle juga merupakan salah satu contoh alat musik ritmis modern. Gamelan adalah sebuah musik ensambel tradisional yang populer di wilayah jawa, sunda, dan bali.


0 Response to "Gamelan Adalah Salah Satu Contoh Instrumen Musik Yang Menggunakan Tangga Nada"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel