9 cara jitu menghemat daya baterai laptop

Dunia Ilmu Bersama : 9 cara jitu menghemat daya baterai laptop - Laptop pada umumnya memiliki ketahanan daya maksimal hingga 3-4 jam bila dalam keadaan baterai penuh hingga kosong. Namun daya tahan baterai juga tergantung dari usia laptop.

9 cara jitu menghemat daya baterai laptop



9 cara jitu menghemat daya baterai laptop

Laptop bisa digunakan dimana saja dan kapanpun, Oleh karena itu, tentu saja hal ini akan membuat daya baterai terus berkurang jika sobat memakainya terus menerus, hal ini karena laptop tidak menggunakan aliran listrik.

Okay, langsung saja to the point...

9 cara jitu menghemat daya baterai laptop

1. Bersihkan Laptop Secara Teratur

Banyak orang tidak memperhatikan hal ini, bila sobat membiarkan lubang ventilasi udara menjadi tertutup oleh debu, maka akan menyebabkan laptop menjadi cepat panas, dan tentu saja hal ini akan membuat fan bekerja secara berlebihan, dan hal ini akan cepat mengurangkan daya pada baterai.


2. Matikan Wireless Card

Matikan Wireless Card bila sobat tidak sedang menggunakannya.


3. Turunkan Brightness Layar

Sudah pasti hal ini kelihatan sangat jelas, karena bila sobat menaikan Brightness Layar maka akan memakan daya baterai yang besar.


4. Lakukan Pengaturan Power-Savings

Cara ini yaitu untuk menghemat daya dengan memakai daya secara minimal dan seadanya.


5. Bersihkan Baterai

Bila kutub baterai menjadi kotor, hal ini akan membuat efektifitas baterai akan berkurang karena terhambat oleh kotoran debu, Solusinya,Bersihkan bagian logam kutub baterai dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan sedikit alkohol.


6. Tutup Program yang Tidak Perlu

Nah, pada bagian ini sobat matikan aplikasi yang berjalan secara background. Caranya dengan tekan tombol wind + r kemudian ketikan msconfig , pilih tab start up , nah disini sobat disable kan saja aplikasi yang jarang sobat pakai.


7. Defrag Hardisk

File yang terfragmentasi membuat hardisk bekerja dengan lebih keras. Hardisk harus menemukan file yang terpecah tersebut dan menyatukannya ketika diakses. Oleh karena itu, tentu saja hal ini akan memakan daya baterai yang begitu besar. Maka dari itu lakukanlah defragmen secara rutin.


8. Cabut Perangkat USB

Cabut semua USB yang terhubung namun tidak sobat pakai. tentu saja USB memakai daya dari baterai agar tetap terus terhubung.


9. Hindari Menggunakan CD/DVD

Penggunaan CD / DVD sangat memakan banyak daya, sebaiknya sobat cabut atau keluarkan CD / DVD yang sedang tidak sobat pakai, jangan dibiarkan terus berada didalam.


NB : Laptop jangan dibiarkan terus dicharger bila sudah terisi penuh, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Namun ada baiknya bila sobat men charger laptop pada saat laptop tidak menyala atau dalam keadaan mati.

Okay, sekian untuk artikel ini, semoga bermanfaat bagi sobat semua .

0 Response to "9 cara jitu menghemat daya baterai laptop"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel