Komputer dibobol dan sedang diawasi ?

Dunia Ilmu Bersama : Komputer dibobol dan sedang diawasi ?

Hai, sobat, akhirnya sempat juga luangin waktu untuk mosting, berhubung hari - hari sebelumnya di pusingkan dengan ujian tengah semester, try out, ujikom ( ujian kompetensi ) dll yang sangat melelahkan, Akhirnya bisa tenang juga sejenak Hahaha

Komputer dibobol dan sedang diawasi ?

Oke, pada pembahasan kali ini, saya ingin berbagi / sharing sedikit mengenai, apakah komputer sobat sedang dibajak, monitoring dan sebagainya oleh hacker/cracker yang mungkin saja adalah temen sobat sendiri yang berniat usil mengerjain ataupun yang berniat jahat ingin memantau aktifitas sobat dan mencuri data - data beharga sobat.

Bagaimana cara mereka menyusup ke dalam komputer sobat  ? apakah sobat sudah tahu mengenai backdoor ? oke, akan saya jelaskan secara singkat, jadi backdoor dari namanya saja pastinya sobat sudah tahu yaitu " pintu belakang " dan cara mereka masuk atau mendapatkan akses ke dalam komputer sobat yaitu dengan cara menanamkan file - file atau aplikasi ke komputer korban terlebih dahulu seperti rootkit. Apa itu rootkit ? untuk lebih jelas, sobat bisa search langsung di google.

Bagaimana cara mereka memasukan dan menanamkan rootkit tersebut ke dalam komputer kita ? untuk hal ini, ada banyak cara yang biasa dilakukan oleh mereka, bisa jadi mereka menggunakan phising, sosial enginering, dll. namun cara yang paling sederhana bila dalam jaringan yaitu dengan membajak jaringan dan menampilkan kotak form yang menarik pada komputer korban ( bisa berisi peringatan, misalnya " Komputer Anda terinfeksi virus, klik OK untuk melakukan scanning bla..bla..bla... " dari pesan tersebut, seolah - olah tidak ada hal yang aneh, dan langsung saya korban mengklik pesan tersebut dan tanpa disadari mereka telah berhasil menanam rootkit pada komputer korban.

Tentu saja hal ini tidak diketahui oleh korban bila si penyusup hanya melakukan monitoring hanya untuk mengetahui aktifitas korban, misalnya mencuri password akun gmail,facebook,yahoo, dll milik si korban.

Baca Juga :

Cara artikel bersaing di page one google
Cara mengatasi laptop yang cepat panas
Cara mengatasi virus scortcut
Perawatan laptop
Tips membersihkan fan laptop yang berdebu

Bagaimana cara untuk mengetahui dan menanganinya ? Untuk masalah ini, saya sarankan sobat hanya perlu memasang dan mengaktifkan windows firewall dan menginstall aplikasi firewall lainnya. sehingga bila ada aktifitas yang mencurigakan akan langsung terblock oleh firewall. Dan satu lagi solusinya supaya aman, ada baiknya bila sobat menggunakan koneksi stand alone, tentu saja mungkin ini agak berat, karena kebanyakan dari sobat pastinya lebih sering menggunakan wifi daripada modem,. Hahah.. makanya untuk masalah menggunakan jaringan ini, sobat bisa search langsung di google mengenai bahaya internet dll.


Sekian untuk artikel kali ini, saya harap artikel ini akan membantu dan memberikan sobat ilmu yang bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel saya selanjutnya.

0 Response to "Komputer dibobol dan sedang diawasi ?"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel